Jumat, 31 Mei 2013

It's Not Over, It's Just Beginning


Pada sebuah awal pasti ada sebuah akhir. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Sama halnya seperti sekarang. Aku kini duduk di bangku kelas 12 SMA yang sudah mengenyam pendidikan di sekolah selama hampir 3 tahun. Setelah menempuh berbagai Ujian-Ujian, sekarang adalah hari terakhirku menghadapi Ujian Nasional. Itu juga menandakan sekarang adalah hari terakhirku berada di sekolah ini. Ya, Sekolah yang mengajarkanku banyak hal, mulai dari pembentukan diri hingga jati diri aku temukan di sini. Rasanya berat sekali meninggalkan teman-teman dan guru-guru yang selama ini menjadi keluargaku di sekolah. Dari mereka semua-lah aku bisa belajar banyak tentang kehidupan. Belajar berpikir dewasa, bersabar, merendah, bijaksana, dan masih banyak lagi pelajaran yang sangat berharga yang aku dapatkan.

Aku paham. Kehidupan memang selalu seperti ini, selalu ada yang hilang, tak ada yang abadi dalam genggaman. Kini, aku, kamu, dia, mereka, dan teman-teman lainnya, mungkin baru saja tersadar bahwa masa SMA adalah masa yang sangat berharga bila disia-siakan. Tak akan ada masa-masa seperti ini lagi kelak. Ketika kita belajar bersama mengenakan seragam putih abu-abu. Ketika kita bersenda gurau menghabiskan waktu. Ketika banyak kenangan yang sudah habis tertuang di dalamnya.

Besok. Mungkin, kita tak akan menyapa lagi gerbang sekolah yang menyambut kita setiap pagi. Kita tak akan merasakan lagi duduk berjam-jam di bangku sekolah ini. Kita tak akan melihat lagi teman-teman yang biasa berjumpa setiap hari. Kita tak akan mendengar lagi berbagai teguran guru yang menusuk di hati. Memang menyedihkan. Melepas segala kebiasaan dan rutinitas yang memenuhi bagian hidup kita 3 tahun ke belakang ini. Ingin rasanya tak berpisah dengan kalian, namun aku paham ini semua adalah bagian dari kehidupan. Harus selalu ada yang dikorbankan, jika kita ingin melanjutkan ke jenjang hidup yang lebih baik.

Teman, mungkin kini kita akan berpisah, mengejar mimpi kita masing-masing. Perpisahan ini bukanlah akhir, justru ini adalah awal langkah kita untuk meraih impian yang selama ini kita idamkan. Jangan takut, teman. Kita pasti akan bertemu suatu saat nanti, saat kita sudah menjadi orang yang mapan, saat kita telah meraih mimpi kita. Ingatlah hari ini, saat kita berusaha keras mewujudkan mimpi-mimpi kita, kelak kita akan menikmati hasilnya.

Aku pasti akan merindukan kalian.

18 april 2013

0 komentar:

Posting Komentar